-->

Mengenal Apa Itu Land Rig (Rig Pengeboran Darat)

Mengenal Apa Itu Land Rig - Land Rig adalah sebuah struktur bangunan dengan alat bor didalamnya yang berfungsi untuk menggali permukaan tanah hingga kedalaman ratusan meter untuk mendapatkan mineral, air, minyak bumi atau gas alam. Seiring dengan mekanisasi alat berat, pencarian material hidrokarbon lebih efisien dan memiliki efek langsung pada land rig.

apa itu land rig

Land Rig pertama kali dibuat berbahan kayu dengan struktur permanen dan akan ditempatkan ketika sumur telah di bor. Saat itu banyak dijumpai dengan model hanya tiang yang tinggi atau struktur V sederhana. Seiring dengan berjalannya waktu dan tambahnya kedalaman, pengeboran membutuhkan struktur yang kokoh dan menggunakan konstruksi dari baja menjadi suatu keumuman.

Saat ini Rig land dengan fabrikasi dari baja tidak lagi ditinggalkan di lokasi sumur. Rig Land bisa dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Hal ini merupakan sebuah keuntungan besar dalam segi mobilitas. Untuk memudahkan mobilitas land rig di desain menjadi potongan-potongan baja ringan kecil yang memudahkan untuk perakitan di lokasi sumur.

Mengenal Apa Itu Land Rig (Rig Pengeboran Darat)