-->

Mengenal Alat Alat Pengeboran Minyak Bumi ( Drilling Rig )

drilling rig - alat pengeboran minyak bumi


Alat Pengeboran ( Drilling Rig ) adalah suatu bangunan degan struktur besar yang mempunyai peralatan untuk pengeboran di permukaan tanah. Alat pengeboran bisa digunakan untuk sumur air, minyak gumi atau gas alam. Rig juga bisa digunakan untuk mengambil sample mineral di bawah permukaan tanah seperti bebatuan, tanah dan sifat fisik air. Rig pengeboran peletakannya dibagi menjadi 2 : di daratan ( on shore ) dan di laut lepas ( off shore ) disesuaikan dengan kebutuhan pengeboran minyak bumi atau gas alam. Untuk pengeboran offshore, rig pengeboran bisa dilakukan di laut dangkal dan laut dalam, jika minyak bumi berada di laut dalam maka digunakan robot pengeboran yang nanti disambungkan ke drill ship atau semi submersible ship. 

Alat-Alat Pengeboran Minyak Bumi Berdasarkan Ukuran :


01- Rig Pengeboran Kecil

Rig pengeboran dengan jenis kecil digunakan untuk pengeboran dengan medan yang sulit dilalui kendaraan besar, rig pengeboran ini mudah untuk dipindahkan karena ukurannya yang kecil.

02 - Rig Pengeboran Besar

Rig pengeboran ini sering kita jumpai dilepas pantai dan daratan. Rig pengeboran jenis ini digunakan untuk pengeboran ribuan meter kedalam tanah. Rig jenis ini mengharuskan struktur bangunan yang kokoh untuk menahan semburan minyak bumi atau gas alam yang ada didalam tanah.

Untuk laut dalam membutuhkan katrol rig untuk mengangkut ribuan ton minyak bumi dari dalam tanah. Katrol rig membantu rig lepas pantai beroperasi mengangkat minyak bumi di laut dalam.


Alat-Alat Pengeboran Minyak Bumi Berdasarkan Jenis Daerah : 


01 - Rig Darat ( Land Rig )

rig darat - land drill

Rig darat digunakan untuk pengeboran minyak bumi di daratan atau dikenal dengan istilah onshore. Rig pengeboran darat ada dua tipe portable dan fix rig. Masing-masing berfungsi berdasarkan kapasitas kandungan minyak bumi.

02 - Rig Rawa ( Swamp Rig )

rig rawa - swamp rig


Sistem kerja rig rawa hampir sama dengan rig darat, hanya saja perbedaanya dalam struktur bangunannya ditempatkan diatas ponton. Rig pengeboran jenis ini hanya bisa beroperasi di kedalaman di bawah 10 meter.



03 - Rig Dongkrak ( Jack Up Rig )

rig dongkrak - jack up rig


Rig pengeboran dengan tipe ini bisa diatur ketinggiannya. Rig Dongkrak ini mempunyai struktur kaki yang menopang hingga dasar laut dengan kedalaman kurang dari 100 meter. 

04 - Tender Rig

tender rig


Tender rig bertugas sebagai support dari drilling rig. Tender rig biasanya dilengkapi dengan fasilitas pembangkit tenaga listrik, penyimpanan, tempat tinggal, derek dan platfrom helikopter. Tender rig dibangun diatas tongkang atau sebagai platform dari jackup rig atau semi-submersible rig

05 - Semi-Submersible Rig

semi-submersible rig
Semi-submersible rig digunakan dalam pengeboran lepas pantai dengan ombak yang cukup besar. Kestabilan dalam pengeboran menjadi faktor ketika memilih rig jenis ini. Untuk pengeboran minyak laut dalam semi-submersible menjadi pilihan saat ini.

06 - Drill Ship

drill ship


Drill ship digunakan untuk pengeboran minyak laut dalam dan laut sangat dalam. Tingkat kestabilan terhadap ombak dilaut lepas dan mobilitas menjadikan drill ship sebagai solusi pengeboran minyak dilaut sangat dalam.


Komponen Alat-Alat Pengeboran Minyak Bumi (Drilling Rig) :


Komponen Alat-Alat Pengeboran Minyak Bumi ( Drilling Rig )

  • Crown Block - Tempat mengikat sling (kabel baja), dimana travel block bergantung untuk menjaga stabilitas
  • Derrick - Tiang penyangga sebagai penahan beban
  • Traveling Block - Sistem kerja menggunakan katrol, berfungsi untuk memindahkan peralatan
  • Swivel - Alat yang digunakan untuk memutar drill pipe
  • Stand pipe - Rangkaian pipa vertikal untuk sirkulasi sebagai tempat dilaluinya fluida
  • Kelly - Pipa yang berfungsi untuk memutar drill pipe
  • Rotary Drive - Perangkat untuk memutar rangkaian pipa bor
  • Draw Works - Peralatan untuk menurunkan dan menaikkan pipa dan juga mengatur rotary drive
  • Engines - Mesin sebagai sumber tenaga penggerak rig
  • Blowout Prevention Equipment - Pengatur tekanan pipa penghubung dan pipa bor
  • Mud Pit - Tangki yang digunakan untuk mengikat lumpur 
  • Drill Pipe - Jalur masuknya minyak bumi
  • Casing - Pelindung drill pipe agar stabil
  • Cement - Pengikat drill pipe agar stabil
  • Drill Bit - Mata bor yang berguna untuk membuka permukaan tanah

Cukup rumit dan banyak mengenal alat-alat pengeboran minyak bumi (drilling rig). Dari minyak mentah yang terkandung dalam kerak bumi, kemudian akan diolah menjadi produk siap pakai ternyata memerlukan proses yang sangat panjang. Karena itulah kenapa harga minyak sangat tinggi dan banyak dicari disetiap negara,

Mengenal Alat Alat Pengeboran Minyak Bumi ( Drilling Rig )