-->

Cara Pengolahan Minyak Bumi Hingga Siap Pakai



Sepertinya banyak dari kita yang tidak tahu cara pengolahan minyak bumi, yang kita tahu hasil dari minyak bumi yang merupakan produksi dari pertamina seperti pelumas, premiun, solar, minyak tanah , dll sudah ada di pasaran. Ternyata proses pengolahan dari minyak bumi hingga menjadi produk yang siap pakai melalui proses yang rumit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk lebih lanjut bisa dibaca ulasan dibawah.

Cara Pengolahan Minyak Bumi Hingga Siap Pakai :


01 - Proses Pencarian Minyak Bumi

Proses pencarian minyak bumi dilakukan dengan menggunakan metode seismologi atau seismic. Metode ini hampir sama dengan ikan paus yang mengeluarkan gelombang akustik ( accoustic wave ) yang bisa mendeteksi bentuk tanah yang ada disekitar dengan cara pantulan gelombang. Metode ini yang digunakan selama ini untuk menentukan lapisan tanah tersebut berpotensi mengandung minyak bumi atau tidak.

02 - Proses Pengeboran Minyak Bumi

Setelah diketahui titik lokasi minyak bumi berada, maka akan diletakkan alat drilling rig. Dalam seminggu drilling rig akan mengebor dengan diamter 27 inci dengan kedalaman hingga ribuan meter. Jika telah menemukan titik lubang minyak yang pas, maka akan keluar semburan minyak bumi yang bertekanan tinggi. Biasanya pada titik tersebut akan diguanakan lumpur dengan spesifikasi tertentu, untuk menahan tekanan minyak bumi tersebut keluar dari dalam tanah.

03 - Well Loging ( Pencatatan Sumur Minyak Bumi )

Setelah membuat lubang pada sumur minyak tersebut, tidak langsung disedot ke atas tetapi harus melalui proses well loging yang berguna untuk memberikan informasi penting terhadap kandungan material yang ada dalam minyak bumi tersebut.

04 - Well Testing ( Percobaan Pengambilan Sumur Minyak Bumi )

Proses ini bertujuan untuk menganalisa semua data berhubungan dengan sumur minyak bumi tersebut. Data mengenai temperatur, tekanan, gravitasi, umur sumur minyak bumi dan berapa jumlah candangan minyak bumi yang akan diperoleh. Proses ini dilakukan dengan menembak lapisan tanah dan minyak tersebut diarahkan melalui pipa ke arah yang mempunyai tekanan rendah.

05 - Well Completion

Well Completion merupakan proses terakhir dalam pengeboran minyak bumi. Proses ini melalui tahap penyaringan agar pasir tidak ikut masuk dalam aliran pipa. Karena dengan tekanan tinggi dalam tanah, pasir dan bebatuan bisa merusak pipa jika ikut masuk dalam aliran pipa. Kemudian minyak bumi akan diarahkan menuju pengolahan.

06 -  Proses pengolahan minyak bumi

Setelah mendapatkan minyak bumi melalui tahap pengeboran, proses selanjutnya adalah fraksinasi. Fraksinasi adalah proses pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi berdasarkan titik didihnya. Dalam proses fraksinasi ini akan menciptakan beberapa produk minyak bumi seperti LPG, bensin, solar, minyak tanah, avtur, parafin dan aspal.
Lebih lengkap baca : fraksi minyak bumi dan pemanfaatannya
Sangat rumit tentunya cara pengolahan minyak bumi hingga siap pakai dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia, masih banyak lokasi baik darat maupun lautan yang berpotensi mengeluarkan minyak bumi, hanya saja teknologi kita belum sampai kesana karena mahalnya biaya eksplorasi tersebut.

Cara Pengolahan Minyak Bumi Hingga Siap Pakai