-->

mengapa tidak setiap negara didunia memiliki sumber minyak bumi ?



Ketika anda atau anak anda duduk dibangku sekolah dan menanyakan mengapa tidak setiap negara didunia memiliki sumber minyak bumi ? Jawabannya adalah letak geografis setiap negara tidak sama. dan makhluk hidup yang tinggal diatasnya tidak sama. Minyak bumi terbentuk dari endapan mikroorganisme makhlud hidup yang telah memfosil dan memiliki senyawa baru yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kandungan batu bara, emas, minyak bumi, gas alam, permata dan sebagainya.

Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda, lempengan tanah di dalam bumi pun mempunyai struktur yang berbeda-beda. Sebagai contoh Singapura yang luas negaranya tidak lebih dari kota Batam, tidak memiliki sumber daya yang minyak bumi dan gas alam, Singapura hanya sebagai negara transit yang mendatangkan devisa dari wisatawan yang datang.

Minyak bumi adalah bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui, hal ini dikarenakan proses terbentunya minyak bumi membutuhkan waktu yang sangat lama. Minyak bumi terbentuk karena dekomposisi fosil makhluk hidup. Maksud dekomposisi adalah proses endapan dari senyawa makhluk hidup yang menciptakan senyawa baru. Senyawa baru inilah yang menjadi asal terbentuknya minyak bumi dan diperkirakan membutuhkan proses jutaan tahun.

mengapa tidak setiap negara didunia memiliki sumber minyak bumi ?