-->

Pemanfaatan Minyak Bumi Dan Gas Alam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pemanfaatan Minyak Bumi Dan Gas Alam Dalam Kehidupan Sehari-hari
Minyak bumi dan gas alam adalah energi alam yang mempunyai proses panjang dalam pengolahannya. Dalam menemukan sumber daya alam ini pun juga melalui riset yang berteknologi tinggi. Untuk minyak bumi dan gas alam yang berada di lautan dalam salah satunya menggunakan kapal dengan teknologi suara ultrasonik yang akan mendeteksi letak potensial minyak bumi dan gas alam berada. Ternyata pemanfaatan minyak bumi dan gas alam cukup banyak kita gunakan sehari-hari. 

01 - LPG


LPG atau Liquefied Potroleum Gas merupakan minyak bumi yang dicairkan. LPG mempunyai beberapa unsur pokok yaitu propana dan butana. Propana mempunyai titik didih yang rendah, dan akan cepat menguap jika dilepaskan. Jika kita memperhatikan LPG dirumah, sebenarnya kita sedang membuka udara di tabung LPG dan kompor kita sebagai pematik api yang membuat api di kompor bisa menyala.

02 - Aviator Turbin ( AVTUR )


Avtur sering kita dengar sebagai bahan bakar pesawat terbang. Avtur memiliki kandungan energi lebih tinggi dibanding bahan bakar lainnya, sehingga dengan jumlah yang cukup avtur dapat membawa terbang pesawat dengan berat sekitar 400 ton dengan jarak yang cukup jauh. Suhu pembakaran dengan bahan bakar avtur juga cukup rendah pada turbin, sehingga dinilai aman sebagai pembakaran pesawat terbang

03 - Kerosin / Minyak Tanah


Kerosin atau minyak tanah banyak kita jumpai dan mudah dibeli dipasar. Kerosin mempunyai zat balerang dan berpotensi berkarat. Jika kita jumpai minyak tanah yang cukup lama akan terlihat keruh kecoklatan. 

04 - Bensin


Pemanfaatan minyak bumi yang paling banyak digunakan adalah bensin. Hampir setiap negara memerlukan bahan bakar ini. Bensin umumnya digunakan untuk bahan bakar kendaraan. Bensin mempunyai unsur oktan yang dimana semakin banyak unsur tersebut maka semakin baik kualitas bensin tersebut

05 - Solar


Pemanfaatan minyak bumi yang juga banyak digunakan adalah solar. Solar tidak hanya digunakan untuk bahan bakar kendaraan, mesin bertenaga diesel yang ada pada industri juga membutuhkan solar sebagai bahan bakar. Solar memiliki sulfur yang lebih tinggi dibanding bensin dan minyak tanah, maka dari itu pembuangan yang dihasilkan oleh solar cukup membuat polusi dengan asap hitam.


07 - Aspal


Aspal merupakan senyawa hidrokarbon yang bersifat melekat. Aspal berfungsi untuk mengikat bebatuan yang sering dipakai untuk melapisi jalan. Untuk penggunaan aspal harus dipanaskan dengan titik didih tertentu kemudian dituang dan diratakan sehingga memadat kembali. Aspal memiliki daya serapan, khususnya untuk air hujan. Jika terus menerus mendapat aliran air, maka sedikit demi sedikit aspal tersebut akan terkikis dan jalan akan berlubang.

08 - Parafin


Parafin mempunyai banyak manfaat, sebagai bahan dasar pelapis cat atau tinta, malam untuk membatik, dan untuk kosmetik. Tentunya pengolahan ini dilakukan secara hati-hati khususnya sebagai kosmetik karena bersentuhan langsung dengan wajah.

Pemanfaatan minyak bumi dan gas alam dalam kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali. Perlu diketahui, minyak bumi dan gas alam adalah energi yang habis pakai dan untuk menemukannya membutuhkan riset yang lama dan biaya yang besar. Untuk menjaga agar ketersediaan minyak bumi dan gas alam, bijaksanalah dalam menggunakannya.

Pemanfaatan Minyak Bumi Dan Gas Alam Dalam Kehidupan Sehari-hari